Mengenal Babi Mangalitsa, Babi Berbulu Domba

close
Ada berita bahwa muncul spesies babi berbulu domba yang konon bertujuan untuk menjerumuskan kamu muslimin. Konon babi ini merupakan hasil perkawinan silang antara Babi dan Domba. Namanya Babi Mangalitsa.


Begitu mendengar keterangan ini, saya tertawa. Tidaklah mungkin menyilangkan Babi dengan Domba. Silahkan cek lagi pelajaran biologi. Namun demikian, memang ada jenis spesies babi berbulu domba, dan namanya memang Babi Mangalitsa. Penjelasannya adalah sebagai berikut
Spesies Babi Mangalitsa ini sudah ada sejak lama koq. Dan yang jelas bukan merupakan hasil kawin silang antara babi dengan domba, melainkan perkawinan silang antar spesies babi. Dan Babi ini termasuk langka lho

Ada koq di Wikipedia. Berikut kutipannya
The Mangalica (sometimes spelt Mangalitsa (USA) or Mangalitza (UK)) is a Hungarian breed of domestic pig. It was developed in the 19th century by cross-breeding the traditional Hungarian Bakonyi and Szalontai breeds with imported Sumadia pigs from Serbia. The Mangalitsa pig grows a thick hairy coat similar to that of a sheep. The only other pig breed noted for having a long coat is the extinct Lincolnshire Curly Coat of England. The Mangalitsa is a lard pig,, with a high fat content in the meat; the animals are large and round. Because of the drop in demand for lard, the popularity of the breed has declined and it is now regarded as a rare breed.
Intinya adalah, Babi Mangalitsa adalah spesies hasil persilangan babi asli Hungaria dari peranakan Bakony dan Szalontai (nama spesies babi), yang dikawinkan silang dengan Babi Sumadijas dari Serbia.

Dan memang, babi ini memiliki bulu seperti domba, tidak sebagaimana babi-babi yang ada yang berkulit merah jambu. Gambar-gambar diatas adalah gambar-gambar Babi Mangalitsa.
Share on :